Awas, Ini 5 Kesalahan Umum Mudik Naik Kereta Api yang Wajib Dihindari!

https://blog.tiket.com/

Mudik menggunakan kereta api saat ini menjadi pilihan bagi banyak orang. Moda transportasi yang satu ini memang terasa begitu nyaman untuk dipakai berkendara jarak jauh. Fasilitas kereta api saat ini juga semakin lengkap dan benar-benar menjaga kenyamanan masyarakat saat mudik. Anda bisa pesan tiket kereta api promo lebaran mulai sekarang secara online.

Kesalahan Naik Kereta Api

Saat mudik naik kereta api, Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Sayangnya memang masih ada banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan kecil waktu mudik dengan kereta api. Berikut ini adalah 5 kesalahan umum mudik naik kereta api yang sebaiknya Anda hindari:

1. Tidak Memenuhi Prokes

Kesalahan pertama, Anda tidak mematuhi prokes atau protokol kesehatan yang berlaku saat ini. Penting sekali untuk diketahui bahwa protokol kesehatan masih tetap berlaku karena situasi pandemi masih terjadi di sekitar kita. Pihak KAI juga pasti sudah memberlakukan aturan protokol kesehatan yang ketat bagi semua penumpang sehingga semua orang di dalam kereta selalu merasa nyaman.

Selain prokes di dalam kereta, banyak juga orang yang melanggar aturan mudik di era pandemi. Misalnya saja aturan untuk melakukan PCR jika belum melakukan vaksin ketiga. Hal-hal semacam ini sebaiknya dipahami terlebih dahulu saat Anda mulai pesan KAI tiket lebaran agar bisa naik kereta dengan lancar tanpa kendala.

2. Membawa Terlalu Banyak Barang

Banyak orang membawa terlalu banyak barang saat harus mudik naik kereta api. Padahal hal seperti ini sebaiknya dihindari karena akan memberatkan diri sendiri. Saat mudik, sebaiknya Anda mempersiapkan barang-barang seperlunya saja. Kemas barang yang memang diperlukan secara ringkas sehingga bawaan tidak akan terlalu banyak.

Membawa terlalu banyak barang juga akan mengganggu penumpang lainnya. Misalnya, Anda jadi menggunakan terlalu banyak ruang bagasi. Hal ini akan menyebabkan penumpang lain tidak kebagian ruang bagasi. Jadi lebih baik bawa barang seperlunya saja sehingga terasa lebih praktis dan tidak merepotkan diri sendiri.

3. Tidak Menjaga Keamanan Barang Sendiri

Penting sekali untuk selalu waspada di berbagai kendaraan umum, termasuk kereta api. Jagalah keamanan semua barang Anda sehingga mudik jadi terasa lebih nyaman. Teledor saat membawa barang di kereta akan merugikan diri Anda sendiri. Pastikan juga bahwa Anda selalu menyimpan barang-barang berharga di tas khusus yang mudah untuk dibawa setiap saat.

4. Berisik di Dalam Kereta

Pastikan ada menyadari bahwa di dalam kereta ada banyak penumpang lain yang berhak merasa nyaman selama perjalanan. Hindari berperilaku buruk di dalam kereta misalnya dengan bicara dan tertawa terlalu keras. Berisik di dalam kereta akan mengganggu kenyamanan orang lain. Lebih baik tetap menjaga ketenangan agar semua penumpang merasa nyaman di perjalanan.

5. Tidak Memakai Baju yang Nyaman

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan oleh seseorang saat mudik naik kereta api adalah tidak memakai baju yang nyaman. Padahal saat menempuh perjalanan jauh menggunakan kereta api, sangat disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman. Jika Anda memakai baju yang nyaman maka perjalanan tidak akan terasa melelahkan dan Anda juga bisa tidur di dalam kereta.

Bagi Anda yang sudah mendapatkan jadwal untuk mudik, langsung saja pesan tiket lebaran sekarang juga. Segera lengkapi kebutuhan mudik Anda mulai dari sekarang agar tidak buru-buru menjelang akhir Ramadan. Selamat mudik dan pastikan untuk menjaga keselamatan diri sendiri di perjalanan!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.