Tempat Makan Kuliner Khas Magelang di Sekitar Candi Borobudur

Mengunjungi destinasi wisata tertentu seperti candi Borobudur misalnya, tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi berbagai kuliner khas dari tempat makan di Borobudur. Menikmati sajian kuliner khas yang ada di sekitar tempat wisata tidak hanya memanjakan lidah tetapi memberi pengalaman baru karena bisa menyantap makanan khas yang tersedia.

Di sekitar candi Borobudur sendiri ada banyak makanan khas yang bisa ditemukan, sehingga tidak sulit bagi para pengunjung apabila ingin menikmati berbagai sajian yang ada. Apabila perut sudah mulai keroncongan tentunya sudah saatnya mencicipi berbagai kuliner khas ini. Lantas apa saja kuliner khas di sekitar Candi Borobudur yang bisa ditemukan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Sop Senerek

Tidak butuh waktu lama dari Candi Borobudur pengunjung bisa menemukan tempat yang menjual sop senerek. Sop senerek iga sapi bisa ditemukan salah satunya di Jalan Jenderal Sudirman yaitu sop senerek Pak Parto.

Adapun sajian kuliner yang satu ini terdiri atas sop kacang merah yang Kemudian ditambahkan sayuran lain serta potongan daging di bagian atasnya. Bila saatnya bening dan memiliki citarasa pedas. Tidak heran jika sop senerek ini menjadi salah satu kuliner yang banyak digemari dari kota Magelang.

Tahu Bacem dan Tempe Mendoan

Dua nama kuliner ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Mungkin saja beberapa kali pernah dicoba dibuat sendiri di rumah. Kedua kuliner khas ini bisa dijadikan cemilan yang enak ataupun dimakan bersama nasi. Tahu bacem sendiri merupakan tahu yang direndam dengan berbagai bumbu-bumbu khas yang kemudian direbus secara perlahan untuk menumbuhkan cita rasa. Jika sudah maka tahu pun akan digoreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Sementara itu untuk tempe mendoan sendiri merupakan tempe yang diiris tipis kemudian digoreng dengan tepung serta disajikan dengan cara mencelupkan nya kedalam kecap manis dan potongan cabe rawit. 1 sudah terbayang bagaimana kelezatan dua kuliner ini apabila dinikmati saat mengunjungi tempat wisata Candi Borobudur.

Es Pleret

Beralih dari makanan yang terkesan berat dan gurih, sekarang beralih ke makanan penutup seperti es pleret ini. Ini cukup istimewa dan bisa ditemukan di Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya minuman ini mendengarkan tetapi menyegarkan karena menggunakan es.

Tentu akan sangat cocok ketika sudah lelah mengunjungi Candi Borobudur kemudian ingin beristirahat sembari mengembalikan kesegaran tubuh. Minuman istimewa ini dibuat dari Pati dan tepung beras yang kemudian dibentuk menjadi potongan kecil. Selanjutnya Plered ini akan dicampur dengan santan gula aren dan es serut.

Wedang Kacang

Bagi para pengunjung yang mungkin saja menghindari sajian berupa es bisa menikmati minuman lainnya berupa wedang kacang. Minuman yang memiliki cita rasa hangat dan manis ini recommended untuk dicoba ketika sedang berada di situasi dingin seperti hujan. Cita rasanya tidak kalah nikmat dengan kuliner di sekitar jam gadang. Selain itu tentunya juga bisa dijadikan pilihan untuk menemani melihat momen sunset di sore hari yang suasananya sudah lumayan redup.

Minuman ini juga cukup unik karena di dalamnya ditambahkan bola-bola yang terbuat dari kue berat. Adapun bahan utama dari minuman ini adalah kacang polong yang direbus bersama gula batu dan gula merah.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.