Ingin Touring Motor? Inilah 8 Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Berpetualang memakai sepeda motor adalah kegiatan menyenangkan untuk dapat menelusuri tempat-area terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh mobil. Ditambah lagi bila jalur perjalanan yang dilakukan melalui bermacam medan jalanan dengan pemandangan alam yang indah. Tentunya perjalanan turing motor Anda akan makin menyenangkan!

Namun faktor keamanan harus jadi perhatian. Medan dan cuaca sering jadi halangan yang penting diwaspadai. Maka dari itu, peralatan turing motor harus komplet. Ada banyak peralatan turing motor yang wajib tidak dilupakan. Peralatan turing sepeda motor ini bukan hanya kepentingan pribadi saja tetapi kendaraan dan lainnya.

1. Tanda pengenal dan sim

Sering para hobi motor lupakan hal ini, pasti benar-benar menyebalkan saat asyik touring motor malah terkena tilang karena lupa bawa sim. jika kamu tidak bisa menunjukkan SIM ke polisi, maka petugas akan memberi sanksi tilang.

denda tilang tidak punya sim dikenakan denda sebesar Rp 250.000 atau sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan.

karena itu janganlah sampai lupa bawa sim, pastikan tanda pengenal dan sim terbawa saat lakukan touring motor.

2. Helm SNI

Bukan rahasia lagi bila helm SNI ialah peralatan berkendaraan yang harus dibawa ke mana saja. Alat yang ini bermanfaat sebagai perlindungan kepala sepanjang Anda berkendaraan di jalan. Tanpa helm, Anda dapat ditilang oleh polisi karena hal itu terhitung ke pelanggaran lalu lintas.

Pemakaian helm ditujukan untuk jaga keselamatan diri kita dan bukanlah orang lain. Hingga saat Anda alami sejumlah hal tidak terduga saat di jalan seperti tergelincir, terpeleset atau jatuh, kepala Anda bisa terhindar dari benturan pada aspal atau benda tumpul yang berada di jalanan.

jangan sampai lupa untuk kenakan helm ke mana saja Anda pergi, ya. Terutama bila Anda akan berkendaraan jarak jauh. Helm yang berstandar nasional lebih dianjurkan karena mempunyai build quality yang tidak gampang pecah dan tahan pada benturan.

3. Jaket Tebal yang Nyaman

Untuk membuat perlindungan badan dari hempasan angin, Anda memerlukan jaket yang tebal dan tetap nyaman. Jaket ialah pelindungan untuk badan pengendara dan putuskan yang kwalitasnya terbaik. Misalkan saja seperti jaket waterproof.

Jaket itu lebih baik dibanding tipe jaket kain yang lain. Karena kekuatannya untuk memecah udara dari depan yang mengenai sisi dada pengendara lebih baik. Hingga udara tidak menembus langsung ke tubuh.

4. Baju Ganti dan Alas Kaki Nyaman

Selain jaket, baju ganti dan alas kaki yang nyaman harus Anda bawa. bawa baju ganti dan alas kaki yang nyaman jadi penting.

Untuk alas kaki, samakan dengan topik dan atau rute touring motor yang Anda akan tempuh. Dan untuk baju ganti, pemakaian kaus lengan pendek atau t-shirt bisa juga jadi pilihan Anda sebagai baju ganti selama turing motor.

4. Jas Hujan Warna Cerah

Peralatan ini harus dibawa khususnya saat cuaca hujan. Jas hujan harus dipilih yang berkualitas supaya tidak ada serapan yang dapat membuat baju jadi basah. Untuk warna jas hujan, baiknya yang terang atau dapat memantulkan cahaya, supaya gampang mengenali posisi biker dari kendaraan lain di tengah-tengah cuaca hujan dan mendung.

5. Sarung Tangan

Bukan hanya membuat perlindungan tangan dari sengatan matahari, sarung tangan bermanfaat membuat perlindungan tangan dari cedera bila terjadi kecelakaan.

Tentukan sarung tangan yang fit ke tangan, dengan bahan kuat dan tidak licin supaya proses memutar grip gas bisa berjalan mulus.

6. Masker

Penggunaan masker saat berkendaraan penting. Peralatan touring sepeda motor ini bisa membuat perlindungan pernafasan dari pencemaran udara. Apa lagi saat berkendaraan di belakang kendaraan yang mengepulkan asap.

Peranan masker ialah jaga muka dari hempasan angin. Tentukan masker yang tawarkan sirkulasi udara baik supaya saat digunakan dalam waktu yang lama tidak membuat sesak.

7. Kunci-kunci standar

Kunci-kunci standard perlu untuk memudahkan menangani permasalahan motor.

Seperti baut ada yang kendor, mengganti busi, mengganti lampu dan sekring.

Dengan membawanya, kamu dapat menangani permasalahan itu sendiri tanpa perlu bantuan.

8.  Tas Riding Wateproof

Yakinkan tas riding yang Anda pilih dengan bahan waterproof. Dengan demikian, pasti perjalanan Anda tak perlu berhenti meskipun hujan tiba-tiba turun. Apa lagi bila Anda merencanakan bawa netbook saat bepergian, point ini jangan dilewatkan.

Nah itulah 8 perlengakapan yang wajib Anda bawa saat touring dengan motor. Saat sebelum pergi baiknya periksa kembali apa Anda telah mempersiapkan semua perlengkapannya secara baik. Janganlah sampai beberapa peralatan di atas ada yang ketinggalan yaa. Dengan memakai peralatan riding lengkap melindungi kita dari resiko kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *