Selain Gudeg Yu Djum, Apa Tempat Makan Lain Dekat Malioboro?

Source: https://www.idntimes.com/food/

Kota Jogja dikenal banyak orang sebagai Kota Gudeg sehingga akan mudah sekali menemukan tempat makan yang menyediakan gudeg di kota ini dibanding di kota lainnya. Harganya dijamin murah untuk satu piring dijual sekitar 15 ribu sampai 20 ribu rupiah. Salah satu gudeg yang terkenal dan ada di dekat Malioboro yaitu Gudeg Yu Djum tepatnya ada di Jalan Dagen Nomor 2C. Menu yang disediakan ada gudeg kering yang meliputi gudeg, kuah, krecek, cabe, dan nasi. Jika menginginkan lauk tambahan, tersedia juga telur, tahu, dan ada tempe. Rasa gudeg identik dengan manis tetapi bisa pedas jika menggunakan sambal yang tersedia. Harga sepiring gudeg belum termasuk lauk tambahan hanya 15 ribu saja dan dengan lauk tambahan diperkirakan kurang lebih 20 ribuan. Tetapi apakah ada menu makanan lain khas Jogja yang bisa dinikmati dengan Malioboro? berikut daftarnya.

 

Pecel Senggol

Jika suka dengan makanan yang isinya sayuran maka bisa berkunjung ke tempat makan bernama Pecel Senggol. Tempat ini mudah ditemukan karena ada di area depan pintu untuk memasuki Pasar Beringharjo. Makna senggol memiliki arti pembeli harus antri sehingga adanya senggolan antar pembeli pecel ini sehingga dinamakan Pecel Senggol. Satu porsi lengkap terdiri dari nasi, kol, kacang panjang, kecambah, dan bayam serta sambal kacang yang nikmat. Terdapat juga lauk tambahan seperti gorengan, berbagai sate, hingga baceman. Harga sekitar 10 ribuan dengan sayur dan bumbu kacang yang melimpah.

 

Lumpia Samijaya

Bagi penggemar cemilan, maka tidak boleh melewatkan untuk mencoba Lumpia Samijaya yang ada di dekat Malioboro. Lumpia ini dijual dari tahun 1970 dan sudah bertahan hingga 50 tahun lebih sampai sekarang. Sekalipun dijual dengan gerobak, tapi rasa yang ditawarkan benar-benar enak seperti makan di hotel bintang lima. Harga satu lumpia hanya 5 ribu saja dengan isian toge, daging ayam, bengkoang, telur puyuh, dan wortel.

 

Gado-Gado Bu Hadi

Di dekat Malioboro terdapat gado-gado legendaris yaitu Gado-Gado Bu Hadi yang sudah ada sejak tahun 1952. Satu porsi gado-gado lengkap meliputi ketupat, timun, kentang, tahu, kubis, telur, selada, kecambah, dan sambal kacang dilengkapi dengan kerupuk udang. Rasanya dijamin enak dan sedap, jadi wajar saja jika tempat makan ini selalu diserbu pengunjung saat sarapan atau makan siang. Harga satu porsi gado-gado Bu Hadi adalah 17 ribu saja.

 

Ketiga tempat makan di atas bisa jadi pilihan atau alternatif ketika sudah mencoba semua makanan khas Jogja. Tentunya butuh waktu beberapa hari untuk mencoba semua kuliner yang tersedia di dekat Malioboro. Jadi menginap di hotel Jogja rekomendasi Pegipegi bisa menjadi pilihan tepat. Salah satu pilihannya adalah hotel Peti Mas dengan fasilitas kolam renang outdoor dan biaya permalam sebesar 300 ribuan. Langsung buka aplikasi dan website Pegipegi biar booking hotel online lebih praktis dan menyenangkan.

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.