Simak Kelebihan dan Kekurangan Koper vs Ransel

Pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan baik kepada teman atau kepada diri sendiri saat ingin liburan adalah, koper atau ransel? Dua gaya liburan ini sebenarnya tidak jauh berbeda, karena sama-sama punya tujuan untuk menghabiskan waktu berlibur. Nah, perbedaannya terletak pada image dan kelebihan serta kekurangan masing-masing.

 

Image liburan dengan gaya koper identik dengan liburan mahal dan menginap di hotel berbintang. Padahal mereka yang liburan dengan ransel juga bisa, lho, menginap di hotel berbintang. Hotel-hotel Jogja, Bali, Lombok, bahkan di luar negeri pun tidak melarang wisatawan yang menggunakan ransel untuk menginap di hotelnya.

 

Sebaliknya, image liburan gaya ransel identik dengan backpacker hemat tanpa mau menghabiskan uang untuk sekadar nongkrong di kafe. Padahal tidak sedikit juga wisatawan yang liburan bergaya koper tapi serba hemat dan tidak tertarik untuk menghabiskan uangnya di beberapa cafe instagramable di Bali misalnya.

 

Nah, kali ini kita bahas apa saja perbedaan koper dan ransel dari segi kelebihan serta kekurangannya. Simak pembahasan berikut.

 

KOPER

Koper mempunyai dua jenis, yakni hard case dan soft case. Hard case cenderung lebih kokoh dan tidak rusak jika terbentur benda lain karena bahannya yang kuat. Sedangkan soft case cenderung lebih ringan dan mudah dibawa ke dalam kabin pesawat atau kereta karena bahannya yang lembut. Keduanya memiliki beberapa ukuran, mulai dari small, medium, large, hingga extra-large.

 

Kelebihan

Lebih rapi

Pakaian akan lebih rapi tertata dan tidak mudah kusut jika menggunakan koper. Anda tidak perlu repot menyusun pakaian hingga lipatan terkecil agar muat masuk koper. Karena selain akan tetap muat masuk koper, melipat baju terlalu kecil dapat membuat lebih mudah kusut.

 

Banyak ruang tersedia

Koper cocok untuk Anda yang perlu membawa banyak barang. Karena ruangan di dalamnya cukup luas dengan kompartemen yang banyak. Anda bisa memasukkan pakaian, sepatu, sampai oleh-oleh liburan.

 

Kekurangan

Tidak bebas bergerak

Koper sebetulnya agak menghambat mobilitas Anda ketika liburan. Karena cukup sulit membawa koper sambil mengejar kereta atau naik turun tangga.

 

RANSEL

Ransel atau backpack memiliki banyak desain dengan berbagai ukuran. Untuk mendapatkan ransel yang nyaman, Anda harus mengukur proposi torso terlebih dahulu. Jadi ketika digunakan, ransel tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

 

Kelebihan

Mendukung mobilitas tinggi

Dengan menggunakan ransel, Anda tidak akan kerepotan ketika berlari, naik turun tangga, dan berjalan di jalanan yang rusak. Kedua tangan pun bebas karena beban di punggung, bukan didorong di tangan.

 

Harga relatif murah

Dibanding koper, harga ransel memang relatif lebih murah. Beratnya pun lebih ringan sehingga bisa ditaruh di kabin atau dipangku di atas paha.

 

Kekurangan

Pakaian mudah kusut

Kekurangan utama menggunakan ransel tentu saja pakaian yang mudah kusut. Anda bisa siasati dengan membawa baju anti kusut seperti bahan kaos.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.