7 Ide Bisnis Modal Terbatas yang Wajib Anda Coba

Usaha sampingan bisa menjadi pilihan Anda yang berstatus pekerja atau karyawan yang ingin mendapatkan lebih banyak uang. Siapa tahu Anda bisa memilih karir sebagai pengusaha Indonesia yang sukses kemudian hari, bahkan menjadi pilihan usaha setelah memasuki masa pensiun. Meskipun punya dana terbatas, Anda bisa membuka ide usaha kelas menengah yang bisa menghasilkan uang. Software kasir online akan mendukung UKM Anda berkembang lebih pesat dengan anggaran operasional lebih hemat.

Jenis Usaha Sampingan yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Bila Anda berencana membuka usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah dengan modal terbatas, maka pertimbangkan referensi peluang usaha berikut :

1. Laundry

Tinggal di daerah yang dekat perkantoran, sekolah atau kampus, maka Anda bisa membuka jasa laundry dengan modal mesin cuci, mesin pengering, perlengkapan deterjen, pewangi, dan setrika. Menawarkan jasa laundry kilat, laundry antar jemput hingga melayani laundry sepatu atau boneka, kenapa tidak?  Pastikan Anda punya kendaraan sendiri untuk layanan antar jemput paket laundry yang banyak digandrungi akhir-akhir ini.

2. Bengkel cuci motor

Jenis bisnis sampingan sederhana yang tidak kalah menguntungkan adalah bengkel cuci motor. Anda hanya butuh tempat strategis dengan peralatan sederhana untuk membuka layanan cuci motor ini. Biasanya musim penghujan menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha bengkel cuci motor.

3. Usaha jahit pakaian

Memiliki kemampuan jahit yang bagus, maka bukalah layanan jasa menjahit. Anda bisa menerima permintaan membuat pakaian dan permak baju dengan modal murah saja. Tentu Anda memiliki patokan biaya yang harus dibayarkan pelanggan sesuai dengan jasa yang diberikan, ya!

4. Toko kelontong

Membuka toko kelontong di dekat perumahan atau tempat tinggal anak kost bisa menjadi pilihan Anda. Toko kelontong yang acap dijalankan tradisional bisa Anda ubah menjadi gaya minimarket sederhana yang lebih rapi. Pastikan memiliki kasir online yang bermanfaat dalam mengatur keuangan toko kelontong Anda.

5. Jasa foto copy dan jual pulsa/PPOB

Anda juga bisa memilih usaha kelas menengah berupa foto copy dan jual pulsa atau stand pembayaran PPOB seperti biaya listrik, biaya tagihan air, tagihan kartu kredit, pembayaran e-wallet, dan lain-lain.

6. Kedai kopi

Mesin kasir yang berbasis online cocok untuk Anda yang membuka kedai kopi di era modern ini. Dengan memanfaatkan modal terbatas, Anda bisa membuka kedai kopi di rumah asal lokasi strategis. Manfaatkan bagian teras rumah Anda menjadi tempat yang nyaman untuk ngopi bareng teman dengan menu-menu sederhana yang terjangkau.

7.  Bisnis online shop

Online shop merupakan peluang usaha dengan modal murah yang wajib Anda coba mulai perangkat ponsel, paket internet dan produk saja. Bila dana lebih minim, Anda bisa memilih jadi reseller atau dropship yang tidak perlu stok produk banyak-banyak.

Kini Anda bisa menggunakan software kasir untuk mempermudah kegiatan penjualan dan pelayanan pada pelanggan. Anda bisa melihat informasi transaksi harian, jumlah dana yang masuk dan keluar, pelayanan online yang lebih praktis hingga software yang terintegrasi dengan sistem akuntansi bisnis untuk usaha menengah.

Bila memakai aplikasi kasir dari Olsera yang sudah terintegrasi Tokopedia, Anda bisa menjual produk lewat marketplace sekaligus pencatatan keuangan lengkap. Dengan SDM yang awam terhadap ilmu akuntansi, Anda bisa lebih mudah mengecek laporan laba rugi,  neraca, perubahan modal, and arus kas. Laporan hutang piutang yang sudah jatuh tempo, kemudahan mengecek stok produk, pencatatan manajemen aset, dan masih banyak keuntungan memakai aplikasi Olsera lain. Daftar sekarang untuk mendapatkan fitur yang mendukung bisnis Anda, ya!

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.