Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 119 121 122 123 124, Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 Kelas 5 SD untuk halaman 119, 121, 122, 123, dan 124, Subtema 3 Pembelajaran 4. Buku Tematik Tema 8 kelas 5 SD edisi revisi 2017 ini berjudul Lingkungan Sahabat Kita. Sementara untuk Subtema 3 dalam Buku Tematik ini berjudul Usaha Pelestarian Lingkungan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 4 di halaman 119, 121, 122, 123, dan 124. Kunci jawaban Buku Tematik Tema 8 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Amati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu. Bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya?

1. Apakah terjalin sikap saling menghargai satu sama lain? 2. Apakah di antara mereka saling bersaing dengan ketat hingga terjadi permusuhan? Diskusikan hasil pengamatanmu bersama teman temanmu!

Sikap pelaku usaha terhadap pesaingnya: 1. Ya, terjalin sikap saling menghargai 2. Tidak, tidak ada persaingan yang menimbulkan permusuhan, namun yang ada hanyalah persaingan yang sehat.

Sikap pelaku usaha terhadap pesaingnya adalah harus saling menghormati. Pesaing bukan untuk dijadikan musuh, tetapi pesaing harus dijadikan sebagai pemicu untuk selalu menciptakan kreasi dan menjadi lebih inovatif. Hal tersebut bertujuan untuk memenangkan persaingan usaha dengan cara meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kualitas produk. Informasi informasi penting apa yang dapat kamu peroleh dari teks "Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain"? Tulislah dalam diagram berikut. Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain:

Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Produksi pakaian melibatkan peran banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Namun, mereka juga mendapatkan keuntungan. Identifikasikan peran dan keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Diskusikan bersama kelompokmu, lalu tulislah dalam bentuk tabel berikut.

Jenis Usaha: Petani kapas Peran: Menghasilkan buah kapas Keuntungan yang Diperoleh: Memperoleh uang dari hasil penjualan kapas Jenis Usaha: Pemintal benang Peran: Mengubah serat kapas menjadi benang Keuntungan yang Diperoleh: Memperoleh jasa dan pekerjaannya Jenis Usaha: Pemilik pabrik tekstil Peran: Mengubah benang menjadi kain Keuntungan yang Diperoleh: Memperoleh keuntungan dari penjualan kain

Jenis Usaha: Pegawai pabrik tekstil Peran: Melakukan proses produksi kain Keuntungan yang Diperoleh: Memperoleh jasa dari pemilik pabrik tekstil Jenis Usaha: Penjahit Peran: Mengubah kain menjadi pakaian Keuntungan yang Diperoleh: Memperoleh jasa dari pemesanan baju 1. Pengetahuan apa yang aku pelajari hari ini?

Sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya Menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain 2. Keterampilan apa yang aku latih hari ini?

Membuat diagram atau peta konsep mengenai informasi informasi penting apa yang dapat diperoleh dari teks "Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain" 3. Sikap apa yang aku kembangkan hari ini? Sikap menghargai orang lain

4. Apa yang dapat aku berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku? Saya akan menceritakaan kepada orang tua dan teman teman di lingkunganku bahwa setiap aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain dan kita harus menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain Bersama orang tuamu, identifikasikan nilai nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalmu.

Nilai nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalku: Saling menghargai antar sesama Bergotong royong antar sesama

Saling tolong menolong jika memerlukan Saling bekerja sama, dll. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.