Serunya Wisata Ala Pedesaan di Semarang

Potensi pariwisata Jawa Tengah kini kian naik lantaran hadirnya deretan desa wisata Semarang yang unik. Desa wisata ini bisa jadi pilihan Anda untuk yang ingin berwisata ke Semarang. Ingin ke tempat yang penuh dengan kegiatan pertanian atau ingin mencoba olahraga ekstrem, semuanya bisa dilakukan di beberapa desa berikut.

Supaya tidak penasaran, simak beberapa rekomendasi desa wisata di bawah ini.

 

Desa Wisata Jamalsari

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan di pinggiran Semarang, Desa Wisata Jamalsari bisa jadi pilihan. Terletak di Kedungpane, Desa Wisata Jamalsari memiliki pemandangan yang unik berupa Waduk Jatibarang di sebelah barat. Di sana, terdapat objek wisata Goa Kreo dan Bukit Cinta. Di Bukit Cinta, wisatawan bisa berfoto dengan gazebo-gazebo dan mengelilingi Waduk Jatibarang dengan perahu. Desa Wisata Jamalsari biasanya ramai dikunjungi oleh mereka yang hobi memancing. Kabarnya, ikan yang didapat cukup beragam, mulai dari bandeng, gabus, nila, bawal, kakap, sampai udang.

 

Desa Wisata Sepakung

Desa Wisata Sepakung akhir-akhir ini viral karena adanya atraksi Tebing Ondo Langit. Di sana, Anda bisa melihat hamparan sawah yang indah dengan latar belakang Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening. Tidak hanya Tebing Ondo Langit saja, di sana juga terdapat Wisata Kulon Kali, Air Terjun Goa Semar, Ayunan Langit Gumuk Reco, Bukit Klarasan, dan Wisata Alam Cemoro Sewu. Semuanya seru dan wajib dicoba jika berkunjung ke Desa Wisata Sepakung.

 

Desa Wisata Jatirejo

Kamu ingin wisata kuliner? Jalan-jalan saja di Desa Wisata Jatirejo. Desa ini terletak di Kecamatan Gunung Pati dan terkenal sebagai desa penghasil kolang kaling yang terbesar di Semarang. Jika berkunjung ke Desa Wisata Jatirejo, Anda tidak hanya akan melihat cara pengolahan kolang kaling saja, tetapi juga bisa turut serta membuat camilan tersebut. Tidak hanya pengolahan kolang kaling yang bisa dilihat di sini, Anda juga bisa belajar untuk membuat aneka keripik, empon-empon, dan juga mengangon kerbau. Seru, kan?

 

Desa Wisata Menari

Desa Wisata Menari sebetulnya adalah sebuah akronim dari “Menebar Harmoni Merajut Inspirasi Menuai Memori”. Terletak di Dusun Tanon, desa wisata ini menghadirkan aktivitas belajar menari, outbound, bermain mainan tradisional, dan menginap di homestay. Jika sedang banyak wisatawan yang berkunjung ke desa ini, para penduduk akan menggelar pasar tiban yang menjual berbagai olahan seperti keripik adas dan sabun susu untuk oleh-oleh.

 

Desa Wisata Wonolopo

Desa wisata ini memiliki aktivitas-aktivitas yang seru dan tidak boleh dilewatkan. Mulai dari pembuatan sapu ijuk, kerajinan gedebong pisang, wisata ke kebun durian, hingga budidaya jamur. Semua kegiatan di Desa Wisata Wonolopo masih tradisional, jadi pastinya menjadi keseruan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

 

Siap jalan jalan di Semarang untuk mengunjungi desa wisata di atas?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.